Sunday, July 09, 2006

Iman Katolik kita

Sharing yang sama pernah saya kirim ke sebuah mailing list forum Katolik yakni Apik, yang juga merupakan forum Katolik pertama yang saya ikuti…selama bertahun tahun. Seperti bisa bergabung di Apik dan disini Ekaristi.org, ada kebahagiaan tersendiri bisa berinteraksi dengan netter Katolik di seluruh penjuru dunia. Baik yang awam ataupun Biarawan/ti atau pun juga berdiskusi dengan yang non Katolik juga.

Diantara begitu banyak netter Katolik, non Katolik di dalam forum agama Katolik tentunya PASTI mempunyai motivasi yang berbeda antara netter yang satu dengan netter yang lainnya. Juga ada yang simpatisan Katolik yang memang berkeinginan mengenal lebih dalam ajaran agama dan menjadi Katolik.

Ada keprihatinan belakangan ini di dalam diri saya pribadi sebagai netter Katolik yang mau belajar Iman Katolik. Motivasi saya selalu sama setiap ikut aktif di dalam forum agama Katolik khususnya. Supaya bisa belajar iman Katolik dan juga berinteraksi lewat diskusi diskusi, tentunya saya lebih suka hadir di forum yang di moderatori dengan baik alias forum yang sehat. Jenis netter yang membuat saya prihatin adalah netter yang bersikap bunglon atau mendua dalam berdiskusi. Alangkah kontradiksinya seorang yang meragukan dan kerap meremehkan Kitab Suci di lain kesempatan orang yang sama juga gemar memakai ayat Kitab Suci. Orang yang mengaku taat pada Konsili Vatikan II, KWI, John Paul II tapi di lain kesempatan menyatakan tidak memerlukan dukumen dokumen gereja ataupun Konsili. Selalu kontradiksi????? Sehingga saya sangat yakin memang yang bersangkutan memang mempunyai agenda pribadi.

Di lain kesempatan orang yang sama juga begitu berkeras kepala bahwa Ekskomunikasi terhadap Martin Luther sudah di cabut Gereja Katolik?? Entah apa lagi agendanya…?? Padahal ajaran Gereja Katolik sendiri TIDAK PERNAH setuju ajaran sola fide/faith alone/hanya iman. Tulisan lewat buku buku atau tulisan tulisan dari cyber ataupun komentar yang kita dengar sehari hari tentang agama Katolik apakah akan mempengaruhi iman kita? Mulai dari tulisan buku The Da Vinci Code ataupun tulisan katekis dari gereja tetangga yang amat jelas mempunyai agenda buruk apakah membuat keraguan, kekecewaan, kebingungan, akan Iman Katolik kita? Apakah serangan serangan terhadap iman Katolik kita membuat kita ingin berpaling dari Gereja yang didirikan Yesus sendiri yaitu Gereja Katolik? Mudah mudahan malah membuat kita lebih rajin bertanya dan belajar akan Iman Katolik kita, dari Romo2 kenalan kita, atau Bruder, Suster atau kaum Awam yang juga menguasai pengajaran Iman Katolik yang tentunya sesuai dengan ajaran Gereja Katolik.

Saya akhirnya juga mau mengutip ayat Kitab Suci dan merupakan tulisan penutup dari salah satu tulisan guru saya Romo Yohanes Samiran SCJ:

Akhirnya, saya kira kita perlu waspada kepada kecerdikan si "jahat" untuk menarik dan menjauhkan kita dari Tuhan dan menaklukkan kita kepadanya "segalanya ini akan menjadi milikmu, kalau engkau mau bersujud menyembahku" .... " Luk4:13
Sesudah Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari pada-Nya dan menunggu waktu yang baik."

28Apr2006 oleh encu